MASALAH KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA

Senin, 14 Maret 2011


      Keadaan kesehatan lingkungan di indonesia masih belum mencapai kondisi yang diinginkan, karena belum terpenuhinya kebutuhan sanitasi dasar yaitu sanitasi yang menimal diperlukan untuk menyehatkan lingkungan pemukiman misalnya penydiaan air bersih, sarana pembuangan kotoran manusia dan lain-lain.

      Ada beberapa masalah kesehatan masyarakat yang penting dan perlu mendapat perhatian saat ini dan dimasa mendatang yaitu :
1.      Penyediaan sarana dan pengawasan kualitas air bersih
Di Indonesia sekarang ini hanya sebagian kecil saja penduduk kota dan desa yang bisa menikmati pelayanan air yang memenuhi syarat kesehatan. Dan sebagian besar sisanya mengambil air untuk keperluan sehari-hari dari sumber air tanah atau dari perairan terbuka dan badan-badan air, yang kualitasnyakebanyakan masih diragukan bahkan tidak diketahui.
2.      Penyediaan sarana pembuangan kotoran
Di daerah pedesaan diperkirakan penduduk yang menggunakan jamban saniter tidak lebih dari 30%, selebihnya membuang kotoran ke sungai, kolam, empang, kebun, dan cara-caralain yang tidak saniter.
Dari kenyataan ini dapat dikemukakan bahwa peningkatan program Inpres samijaga (sarana air minum dan jamban keluarga) diseluruh kecamatan/desa harus pula disertai dengan peningkatan perilaku dan pendidikan kesehatan terhadap masyarakat agar tujuan dari program samijaga dapat tercapai.
3.      Penyediaan sarana dan pengawasan pembuangan sampah
Masalah sampah terutama timbul dikota-kota besar yang berkaitan dengan pengumpulan, pengangkutan, pembuangan, pemanfaatan dan pemusnahan sampah.Akibatnya beban sampah yang tak terjangkau oleh sistem pelayanan kota ditimpakan ke dalam perairan terbuka, atau tempat-tempat buangan yang tidak semestinya.
4.      Penyediaan sarana dan pengawasan pengelolaan air buangan
Masalah air buangan rumah tangga baik dipekotaan maupun pedesaan sudah mulai menimbulkan gangguan anatara lain karena air buangan biasanya telah dicemari dengan tinja atau urine, disamping deterjen yang pemakaiannya sudah sangat luas.
5.      Pencemaran lingkungan
Kejadian pencemaran air dan tanah sebagian besar karena kegiatan manusia baik dilingkungan rumah tangga maupun kegiatan industri. Umumnya keadaan ini disebabkan  kurangnya pengetahuan atau kesadaran masyarakat maupun petugas, disamping berbagai kondisi sosial-ekonomi yang ada, serta kurangnya fasilitas yang memadai.
6.      Berbagai dampak negatif adanya kegiatan pembangunan 
     Kegiatan pembangunan disegala bidang membawa perubahan pola hidup masyarakat baik segi kehidupan sosial maupun segi struktural. Urbanisasi ke kot-kota besar terjadi karena adanya daya tarik berupa fasilitas pendidikan, lapangan kerja, tersedianya berbagai kemudahan (air, listrik, transportasi dan hiburan).

6 komentar:

Water Treatment 4 Agustus 2011 pukul 01.12  

Memang sudah saatnya kita peduli terhadap lingkungan dan kelangsungan ketersediaan air untuk masa yang akan datang, sistem pengolahan air limbah seperti, Reverse Osmosis systems, Wastewater treatment using Norit MBR systems, Conventional Wastewater systems dan lainnya sudah selayaknya digunakan di berbagai industri yang wajib menggunakan sistem pengolahan air dan limbah.

sani 22 Maret 2017 pukul 23.46  

Saat ini di negara kita Indonesia, ketersediaan air bersih sangat terbatas, apalagi dengan tidak adanya air hujan makin menyulitkan masyarakat untuk menggunakan air bersih yang layak pakai dan konsumsi. Ditambah banyak sungai yang sering di gunakan untuk pembuangan sampah, limbah pabrik, dll.
Pencemaran lingkungan tentu sangat merugikan bahkan untuk anak cucu kita di masa mendatang.

sani 29 Maret 2017 pukul 19.47  

Mengenai masalah lingkungan di Indonesia, perlu di benahi oleh seluruh warga Indonesia nya sendiri, dengan kesadaran, gotong -royong / kerjasama dalam bidang lingkungan. Dan hal ini perlu di terapkan saat ini juga.

Sunu 10 April 2017 pukul 18.03  

Menyediakan sarana prasarana, misalnya untuk tempat pembuangan sampah dan dengan kesadaran masyarakat itu sendiri, maka masyarakat tidak akan lagi membuang sampah ke tempat umum, seperti : Sungai. Dengan begitu kualitas air, tanah, akan terjaga dengan baik.

Kamila 10 April 2017 pukul 18.54  

Untuk masalah kesehatan lingkungan di Indonesia, perlu adanya solusi untuk mengatasinya. Misalnya dengan membenahi sarana prasarana kesehatan oleh pemerintah, dll.

Sherina 12 April 2017 pukul 01.05  

Kesehatan lingkungan sangat amat penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup, maka dari itu kita perlu menjaga lingkungan kita, agar bisa di nikmati terus oleh anak - cucu kita kelak.

Posting Komentar

Kembali ke beranda blog

About This Blog

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009 Redesign by Mung Bisnis

Back to TOP